Tuesday 5 February 2013

TEORI PERILAKU KONSUMEN




Secara individual atauperilakupelaku-pelakuekonomi,tujuan yang ingindicapaidalammelakukankegiatanekonomiadalahterpenuhinyasetiapkebutuhanhidupdenganmenggunakansumberdaya yang terbatas.
TeoriPerilakuKonsumen
Ø  Dalammelakukankegiatankonsumsiny,perilakukonsumendituntutolehtujuanuntukmemperolehkepuasan.
Ø  Terdapatbeberapapendekatanpermainanidividuyaitu:
§  Pendekatan cardinal
§  Pendekatan Ordinal

§  1. Pendekatan cardinal.
ü  ASUMSI PENDEKATAN KARDINAL
ü  Kepuasankonsumsidapatdiukurdengansatuanukur,util.makinbanyakbarangdikonsumsimakinbesarkepuasanterjadi hokum The Law of diminishing Marginal Utilitipadatambahankepuasasetiapsatusatuan.
ü  Tambahankepuasanuntuktambahankonsumsi  1 unit barangbiasadihargaidenganuang,sehinggamakinbesarkepuasanmakinmahalharganya
µ  Setiaptambahankepuasan yang diperolehdarisetiap unit tambahankonsumsisemakinkecil.
µ  (mula-mulakepuasanakannaiksampaidengantitiktertentuatau saturation point tambahankepuasanakansemakinturun).
µ  HukuminimenyebabkanterjadinyaDownward sloping MU curva.tingkatkepuasan yang semakinmenuruninidikenaldenganhukumGossen.

Pendekatan cardinal biasadisebutsebagaiDayaguna marginal:
Ü  Asumsiseorangkonsumen:
1.       Konsumenharusrasionalyaitumenginginkankepuasanmaksimal.
2.       Konsumenpunyapreferensijelasakanbarangdanjasa.
3.       Terdapatkendalaanggaran

No comments:

Post a Comment