Wednesday 6 February 2013

kata pengantar untuk RPP



KATA  PENGANTAR
Puji syukur dan terimah kasih penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yanh Maha Esa karena atas berkat, rahmat dan karyunia-NYA, sehingga penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang terdiri dari silabus, RPP, Program Mengajar dan semua kelengkapan lainnya dapat terselesaikan.
Pada dasarnya hal yang diterapkan kali ini lebih ditekankan pada peningkatan kompetensi siswa sehingga siswa mempunyai bekal hidup ketika bermasyarakat.Proses kegiatan saat ini lebih ditekankan pada praktek secara langsung sehingga siswa lebih mudah menyerap konsep yang dipelajari kususnya mata pelajran Fisika yang disajikan secara terpadu.
Akhirnya penulis menyadari bahwa penulisan ini memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan, oleh karenya dengan kerendahan hati, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca demi penyempurnaannya. Penulis tak lupa menyampaikan terimah kasih bagi semua pihak yang sudah membantu hingga terselesainya penulisan ini. Kiranya Tuhan memberkati kita dalam menjalani tugas dan tanggung jawab kedepan. Terimah kasih.    

Ambon,     Agustus  2010

             Penyususn
















BAB  I
PENDAHULUAN
A.      Latar  Belakang

Berdasarkan perkembangan Negara Indonesia dewasa ini telqah terjadi perubahan system sentralisasi ke system desentralisasi. Hal ini berpengaruh pada system pendidikan dimana masalah pendidikan dialihkan kedaerah. Hal ini Nampak pada proses perkembangan kurikulum pada satuan pendidikan (KTSP) yang mengacu pada standar Pendidikan Nasional yang didalamnya memuat standar isi, standar kompetensi lulusan, tenaga pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan. Kesemua ini diatur oleh peraturan pemerintah antara lain :
1.      UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan
2.      PP. No. 19 tentang Standar Nasional Pendidikan yang diarahkan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan. Dan yang melatar belakangi dalam penyusunan KTSP antara lain :
1.      UU No. 32 Tahun 2004 tentang otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelengaraan pemerintah
2.      UU No. 20 Tahun 2003
3.      PP No. 19 Tahun 2005


B.      Tujuan Pengembangan  KTSP

Terpaut dengan PP. No. 15 Tahun 2005 tentang standar Pendidikan Nasional Pasal 26 : 3, tujuan pengembangan KTSP adalah untuk meningkatkan kecerdasan pengetahuan kepribadian, akhlat mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri yang mengikuti pendidikan lanjutan sesuai dengan kejuruannya.


C.     Prinsip Pengembangan KTSP

1.      Potensi pengembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik
2.      Beragam dan terpadu, dalam pengertian kurikulum di kembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan
3.      Tangkap terhadap perkembangan pengetahuan, teknologi dan seni. Kurikulum harus dikembangkan secara dinamis. Oleh karena itu semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan IPTEK.

4.      Menyeluruh dan berkesinambungan subtansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disjikan secara kesinambungan antara semua jenjang pendidikan.
5.      Belajar sepanjang hayat. Kurikulum diarahkan kepada proses pengembngan, kebudayaan dan pemberdayaan peserta didik agar mampu dan mau belajar sepanjang hayat.


























BAB  II

TUJUAN  PENDIDIKAN MENENGAH

A.      Tujuan  Pendidikan  Menengah  Kejuruan

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrmpilan dan hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.


B.      Visi dan Misi SMK Negeri 4 Ambon

1.      Visi
Menjadikan siswa ungulan, kreatif, kompetitif, dan inovatif  pada program keahlian, serta bersaing di tingkat Nasional maupun tingkat Internasional.
2.       Misi
ü  Meningkatkan menajemen kelembagaan sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional
ü  Meningkatkan kualitas pembelajaran Normatif, adaptif dan produktif
ü  Meningkatkan hubungan kerja sama dengan Du (Dunia Usaha) / DI (Dunia Industri)
ü  Meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan baik internal maupun eksternal

C.      Tujauan  SMK  Negeri  4  Ambon

1.      Mempersiapkan peserta  didik agar menjadi manusia produktif mauoun bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI  sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi keahlian pilihannya.
2.      Membekali peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap professional dalam bidfang keahlian yang diterima.

D.     Standar   Kompetensi  Lulusan  SMK
1.      Berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.      Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kermampuan diri serta memperbaiki kekurangannya
3.      Menunjukan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya
4.      Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan social
5.      Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan social ekonomi dalam lingkup global.

BAB  III

STRUKTUR  MUATAN  KTSP

Struktur  Muatan  KTSP

1.       




















DAFTAR  ISI

KATA  PENGANTAR  ………………………………………………………………………………………………………       i

DAFTAR  ISI  …………………………………………………………………………………………………………………        ii

BAB  I  PENDAHULUAN  ………………………………………………………………………………………………..       1
A.      Latar  Belakang
B.      Tujuan   Pengembangan  KTSP
C.      Prinsip Pengembangan  KTSP

BAB  II  TUJUAN  PENDIDIKAN MENENGAH
A.      Tujuan  Pendidikan Menengah
B.      Fisi dan Misi SMK Negeri  4  Ambon
C.      Tujuan  SMK  Negeri  4 Ambon
D.     Standar  Kompetensi  lulusan  SMK
BAB  III  STRUKTUR  MUATAN  KTSP
Daftar  Lampiran  Berkas  Kelengkapan  KBM
1.      Distribusi  Waktu
2.      Kalender  Pendidikan
3.      Jadwal  Kegiatan  Guru
4.      Analisa  Pembagian  Jam KTSP
5.      Silabus
6.      RPP
7.      Program Pengajaran (Program  Semester)
8.      Agenda  Guru
9.      Daya  Serap
10.  Daftar  Catatan  dan Hambatan Siswa
11.  Kisi – kisi  Soal
12.  Analisis  Tingkat  Kesukaran dan Daya Pembeda
13.  Kriteria  Ketuntasan  Minimal  (KKM)
14.  Analisis  hasil  belajar  Pengayaan  dan Perbaikan
15.  Absensi  dan  Daftar  Nilai  Siswa







2 comments: