KATA PENGANTAR
Puji syukur dan terimah
kasih penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yanh Maha Esa karena atas berkat,
rahmat dan karyunia-NYA, sehingga penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan yang terdiri dari silabus, RPP, Program Mengajar dan semua kelengkapan
lainnya dapat terselesaikan.
Pada dasarnya hal yang
diterapkan kali ini lebih ditekankan pada peningkatan kompetensi siswa sehingga
siswa mempunyai bekal hidup ketika bermasyarakat.Proses kegiatan saat ini lebih
ditekankan pada praktek secara langsung sehingga siswa lebih mudah menyerap
konsep yang dipelajari kususnya mata pelajran Fisika yang disajikan secara
terpadu.
Akhirnya penulis
menyadari bahwa penulisan ini memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan, oleh
karenya dengan kerendahan hati, penulis mengharapkan saran dan kritik dari
pembaca demi penyempurnaannya. Penulis tak lupa menyampaikan terimah kasih bagi
semua pihak yang sudah membantu hingga terselesainya penulisan ini. Kiranya
Tuhan memberkati kita dalam menjalani tugas dan tanggung jawab kedepan. Terimah
kasih.
Ambon, Agustus 2010
Penyususn
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Berdasarkan perkembangan Negara
Indonesia dewasa ini telqah terjadi perubahan system sentralisasi ke system
desentralisasi. Hal ini berpengaruh pada system pendidikan dimana masalah
pendidikan dialihkan kedaerah. Hal ini Nampak pada proses perkembangan kurikulum
pada satuan pendidikan (KTSP) yang mengacu pada standar Pendidikan Nasional
yang didalamnya memuat standar isi, standar kompetensi lulusan, tenaga
pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan. Kesemua ini diatur
oleh peraturan pemerintah antara lain :
1. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang
system pendidikan
2. PP. No. 19 tentang Standar Nasional
Pendidikan yang diarahkan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan. Dan yang
melatar belakangi dalam penyusunan KTSP antara lain :
1. UU No. 32 Tahun 2004 tentang otonomi
daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelengaraan pemerintah
2. UU No. 20 Tahun 2003
3. PP No. 19 Tahun 2005
B. Tujuan Pengembangan KTSP
Terpaut dengan PP. No. 15 Tahun 2005
tentang standar Pendidikan Nasional Pasal 26 : 3, tujuan pengembangan KTSP adalah
untuk meningkatkan kecerdasan pengetahuan kepribadian, akhlat mulia serta
ketrampilan untuk hidup mandiri yang mengikuti pendidikan lanjutan sesuai
dengan kejuruannya.
C. Prinsip Pengembangan KTSP
1. Potensi pengembangan kebutuhan dan
kepentingan peserta didik
2. Beragam dan terpadu, dalam pengertian
kurikulum di kembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta
didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan
3. Tangkap terhadap perkembangan
pengetahuan, teknologi dan seni. Kurikulum harus dikembangkan secara dinamis.
Oleh karena itu semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar
peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan IPTEK.
4. Menyeluruh dan berkesinambungan
subtansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi bidang kajian
keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disjikan secara kesinambungan
antara semua jenjang pendidikan.
5. Belajar sepanjang hayat. Kurikulum
diarahkan kepada proses pengembngan, kebudayaan dan pemberdayaan peserta didik
agar mampu dan mau belajar sepanjang hayat.
BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH
A. Tujuan Pendidikan
Menengah Kejuruan
Tujuan
Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta ketrmpilan dan hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
B. Visi dan Misi SMK Negeri 4 Ambon
1. Visi
Menjadikan
siswa ungulan, kreatif, kompetitif, dan inovatif pada program keahlian, serta bersaing di
tingkat Nasional maupun tingkat Internasional.
2. Misi
ü Meningkatkan menajemen kelembagaan
sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional
ü Meningkatkan kualitas pembelajaran
Normatif, adaptif dan produktif
ü Meningkatkan hubungan kerja sama
dengan Du (Dunia Usaha) / DI (Dunia Industri)
ü Meningkatkan kualitas pendidikan dan
tenaga kependidikan baik internal maupun eksternal
C. Tujauan SMK
Negeri 4 Ambon
1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif mauoun
bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai
dengan kompetensi keahlian pilihannya.
2. Membekali peserta didik agar mampu
memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi di lingkungan
kerja dan mengembangkan sikap professional dalam bidfang keahlian yang
diterima.
D. Standar Kompetensi
Lulusan SMK
1. Berprilaku sesuai dengan ajaran agama
yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal
dengan memanfaatkan kermampuan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan
aturan-aturan social
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa,
suku, ras dan golongan social ekonomi dalam lingkup global.
BAB III
STRUKTUR MUATAN KTSP
Struktur Muatan
KTSP
1.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
……………………………………………………………………………………………………… i
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………………………… ii
BAB I
PENDAHULUAN
……………………………………………………………………………………………….. 1
A.
Latar Belakang
B.
Tujuan Pengembangan
KTSP
C.
Prinsip
Pengembangan KTSP
BAB II TUJUAN
PENDIDIKAN MENENGAH
A.
Tujuan Pendidikan Menengah
B.
Fisi
dan Misi SMK Negeri 4 Ambon
C.
Tujuan SMK
Negeri 4 Ambon
D.
Standar Kompetensi
lulusan SMK
BAB III STRUKTUR
MUATAN KTSP
Daftar Lampiran Berkas
Kelengkapan KBM
1. Distribusi Waktu
2. Kalender Pendidikan
3. Jadwal Kegiatan
Guru
4. Analisa Pembagian
Jam KTSP
5. Silabus
6. RPP
7. Program Pengajaran (Program Semester)
8. Agenda Guru
9. Daya
Serap
10. Daftar Catatan
dan Hambatan Siswa
11. Kisi – kisi Soal
12. Analisis Tingkat
Kesukaran dan Daya Pembeda
13. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
14. Analisis hasil
belajar Pengayaan dan Perbaikan
15. Absensi dan
Daftar Nilai Siswa
Izin Kopas gan..
ReplyDeleteAssalamualaikum wr wb Ka izin Copas ya
ReplyDelete