Tuesday 5 February 2013

GUNUNG MERAPI BERDASARKAN TIPE LETUSAN



Berdasarkantipeletusan, gunungapidibedakanmenjadi :

   a.    TipeHawaii
Tipehawaiiterjadikarena lava yang keluardarikawahsangatcair, sehinggamudahmengalir
kesegalaarah. Sifat lava yang sangatcairinimenghasilkanbentuksepertiperisaiatautameng.Contoh: GunungMaona Loa, Maona Kea, dan Kilauea di Hawaii.
http://static.sman10garut.sch.id/wp-content/uploads/media/vulkanisme-dan-dampaknya/image7.jpg
Sumber: GeologidanPerubahan, halaman 66
Gambar 6.35 Tipe Hawaii

  b.    TipeStromboli
http://static.sman10garut.sch.id/wp-content/uploads/media/vulkanisme-dan-dampaknya/image8.jpgLetusantipeinibersifatspesifik, yaituletusan-letusannyaterjadidengan interval atautenggangwaktu yang hampirsama. Gunungapistromboli di Kepulauan Lipari tenggangwaktuletusannya ± 12 menit. Jadi, setiap ±12 menitterjadiletusan yang memuntahkan material, bom, lapili, danabu.ContohgunungapibertipestromboliadalahGunung Vesuvius (Italia) danGunungRaung (Jawa).




Sumber: GeologidanPerubahan, halaman 66
Gambar 6.36 Tipe Stromboli


c.    Tipevulkano
Letusantipeinimengeluarkan material padat, sepertibom, abu, lapili, sertabahan-bahanpadatdancairatau lava.Letusantipeinididasarkanataskekuatanerupsidankedalamandapurmagmanya.Contoh: Gunung Vesuvius dan Etna di Italia, sertaGunungSemeru di JawaTimur.
http://static.sman10garut.sch.id/wp-content/uploads/media/vulkanisme-dan-dampaknya/image9.jpg
Sumber: GeologidanPerubahan, halaman 66
Gambar 6.37 TipeVulkano

d.    Tipemerapi
Letusantipeinimengeluarkan lava kentalsehinggamenyumbatmulutkawah.Akibatnya, tekanan gas menjadisemakinbertambahkuatdanmemecahkansumbatan lava.Sumbatan yang pecah-pecahterdorongkeatasdanakhirnyaterlemparkeluar.Material inimenurunilerenggunungsebagailaduataugloedlawine.Selainitu, terjadi pula awanpanas (gloedwolk) atauseringdisebutwedhusgembel.Letusantipemerapisangatberbahayabagipenduduk di sekitarnya.
http://static.sman10garut.sch.id/wp-content/uploads/media/vulkanisme-dan-dampaknya/image10.jpg
Sumber: GeologidanPerubahan, halaman 66
Gambar 6.38 TipeMerapi





e.    Tipest. Vincent
Letusantipeinimenyebabkan air danaukawahakantumpahbersama lava. Letusaninimengakibatkandaerah di sekitargunungtersebutakanditerjang lahar panas yang sangatberbahaya. Contoh: GunungKelud yang meletuspadatahun 1919 danGunungSint Vincent yang meletuspadatahun 1902.
http://static.sman10garut.sch.id/wp-content/uploads/media/vulkanisme-dan-dampaknya/image13.jpg
Sumber: GeologidanPerubahan, halaman 68
Gambar 6.41 TipeSint Vincent

f.    Tipepelle
Letusantipeinibiasaterjadijikaterdapatpenyumbatankawah di puncakgunungapi yang bentuknyasepertijarum, sehinggamenyebabkantekanan gas menjadibertambahbesar. Apabilapenyumbatankawahtidakkuat, gunungtersebutmeletus.
http://static.sman10garut.sch.id/wp-content/uploads/media/vulkanisme-dan-dampaknya/image11.jpg
Sumber: GeologidanPerubahan, halaman 7



g.GunungApiStrato
Gunungapiiniterbentukakibatterjadinyaerupsieksplosifdanerupsiefusifberselang-seling. Sebagianbesargunungapi di alaminimerupakangunungapistrato. Contoh: GunungapiMerapi, Merbabu, Semeru, danKelud di Indonesia, Gunung Fuji di Jepang, Gunung Vesuvius di Italia, sertaGunung Santo Helens dan Rainier di AmerikaSerikat.
http://static.sman10garut.sch.id/wp-content/uploads/media/vulkanisme-dan-dampaknya/image6.jpg
Sumber: GeologidanPerubahan, halaman 67
Gambar 6.34 Bentuk-bentukgunungapihasilerupsisentral.

H. TipeMerapi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEii0zNGFl805AL8WY9alDDPM5MPC3u6Z4lewF0hM3cTRM-KiXLIs-Bp_g-r_AN1pzVEvBCjLY9tMzHY3PlTyTeWDkocBmZRt0E-nb8BdJP7mIQKD6fFGRCKfgXDOdiVjjxsmjT4zCm_pKuI/s400/Tipe+Meerapi.jpg


       Dicirikandenganlavanya yang cair-kental.Dapurmagmanyarelatifdangkaldantekanan gas yang agakrendah.ContohletusantipeMerapi di Indonesia adalahGunungMerapi di Jawa Tengah denganawanpijarnya yang tertimbun di lerengnyamenyebabkanaliran lahar dinginsetiaptahun.Contoh yang lainadalahGunungGalunggung di Jawa Barat.





No comments:

Post a Comment